Oleh: semangatsemesta | 30 am7000000553000000055 2008

DUA PERKARA UNTUK MUKMIN

Menurut Rasulullah SAW…

Setiap perkara untuk orang mukmin itu baik

Jika di beri nikmat,,bersyukur

Jika di beri cobaan,,,bersabar..

 

 

Dan semoga aku benar-benar bisa mengamalkannya…

Menghadapi masalah yang cukup pelik,,masalah hati..

Kenapa hati demikian dominan sih??

Segala yang berurusan dengan satu itu,,aku paling tidak berpengalaman,,hilang semua aturan dan wejangan

 

Heh,,terpuruk lagi,,,tapi sesungguhnya tidak seburuk lalu,,

Karena hanya orang dungu yang terjerumus dalam lubang yang sama..

Sehingga kali ini pun,,aku sudah mengantisipasinya… hehe

 

RAbbi,,sungguh,,engkau MAHA pembuat sekenario tiada tanding

Segala yang tidak mungkin,,segala yang tidak terduga,,hadir,,mblusuk,nyelip ga karuan

Seperti baju yang bolong kemasukan angin

 

Ah,,dan lagi-lagi,,aku hanya menundukkan dahiku serendah-rendahnya

Sendika waduh paduka,..

Semoga apa yang Engkau berikan ini bisa hamba laksanakan benar-benar dan baik-baik

Hingga Engkau tersenyum puas menerima laporannya…

 

Semoga apa yang terjadi padaku menjadi butir-butir kebaikan..

Menjadi penolongku

Menjadi kemudahan bagiku

Menjadi jalan untuk semakin dekat denganMU

Dicintai olehMU…

Dan menjadikan aku lebih baik dari sebelum ini,,amin…^_^

 

 

Oleh: semangatsemesta | 30 am7000000163000000016 2008

MENJADI DEWASA

Dulu,,saat aku masih duduk di sekolah dasar…

saat banyak PR, tidak terlalu banyak waktu bermain,,

saat ujian kenaikan kelas,,

dan saat yang tidak mengenakkan menurut hematku,,

aku ingin menjadi orang dewasa,,yang bisa memilih untuk berkata ya dan tidak,,yang menurut pemikiranku saat itu,,orang dewasa bisa melakukan apa yang ia suka,,

tapi ternyata bertahun-tahun kemudian..

aku baru sadar

setiap usia,,memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

dewasa tidak menjadikan segalanya mudah, malah mungkin semakin banyak yang harus dikerjakan, dipikirkan

karena dewasa menyangkut tanggungjawab..

Saat ini,, saat ketika aku menjadi “dewasa” aku merasa iri dengan anak-anak

iri dengan kepolosan mereka

iri dengan optimisme mereka

kegembiraan dan juga segala di sekililing mereka

mereka demikian orisinal,, masih murni,,dalam pikiran mereka,,semua orang adalah baik, semua yang ada itu indah..

ya…

pikiran itu yang kadang aku trasnformasikan ke dalam otakku,,saat aku merasa demikian paranoid,,saat aku ragu,, kecewa, galau,khawatir..

Ternyata sekarang tanpa aku berharap untukĀ  segera dewasa,,kedewasaan itu menuntutku..untuk berproses,,

Entah aku telah benar-benar menjadi “dewasa” dalam arti yang sesungguhnya…

Karena aku sendiri kurang begitu memahami pengertian dewasa itu seperti apa?

Apakah dewasa adalah yang berumur 17 tahun keatas, memiliki KTP, bisa memutuskan segalanya sendiri,atau yang sudah bekerja?

aku tak tahu

dan saat ini aku hanya tahu

bahwa setiapĀ  detik dari kita adalah proses…

dan jika memang segala definisi dewasa itu baik

dewasa adalah mandiri, bertanggung jawab, loyal, profesional, seimbang..

maka jadilah dewasa dengan riang gembira,,,Dengan satu cara,,menikmati setiap apa yang terjadi dan mengambil hikmah sebanyak-banyak dari semua itu…

tetap semangat!!!

Oleh: semangatsemesta | 30 am5000000223100000022 2008

SI CANTIK YANG IRONIS

Gelatik jawa atau Padda oryzivora adalah sejenis burung mungil pengicau suku Estrildidae. Keistimewaan burung ini terletak pada paruhnya yang berwana merah, sangat kontras dengan pipinya yang putih dan kepalanya yang hitam. Cantik, namun nasibnya tak secantik morfologinya. Daerah persebaran Gelatik di pulau Jawa dan Bali, namun kini sudah diintroduksi dan di naturalisasi di pulau lain seperti Sulawesi hingga luar negeri. Semakin sedikitnya ruang gerak, berubahnya lahan pertanian menjadi area perumahan, penangkapan liar akibatnya mudahnya Gelatik terlihat secara langsung menjadi salah satu faktor pemicu populasinya yang terus menurun.

Klasifikasi
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Passeriformes
Famili : Estrildidae
Genus : Padda
Spesies : P. oryzivora

(http://id.wikipedia.org/wiki/Gelatik_Jawa)

Burung ini hidup berkoloni. Kebiasaan terbang bersamaan dan hinggap di roosting tree. Sering dijumpai di roosting tree (pohon Tanjung) bergerombol sambil aktif sekali bergerak dari satu dahan ke dahan yang lain, bahkan di selingi dengan sesekali menelisik bulu-bulunya.

Makanan utama Gelatik Jawa adalah padi, sehingga dulu sempat menjadi hama bagi para petani karena populasinya yang berlimpah merusak areal persawahan. Namun, Gelatik juga pemakan serangga jika tidak terdapat makanan utama.

Suara burung ini amat gaduh kalo tidak ingin di bilang berisik. Di pagi hari saat koloni Gelatik beraktivitas akan diselingi dengan suara cii..ciit dengan jeda pendek yang bersahut-sahutan antara Gelatik satu dengan yang lain.

Gelatik Jawa teramati bersarang di lubang pohon, celah bangunan, gua (kawasan karst), dan candi (komplek Candi Prambanan) (Aji. G.S & P. Yuda, 2000, Gelatik Jawa (Padda orizyvora) di Candi Prambanan Yogyakarta – shortcommunication, Biota V(3)130
Burung ini mampu bersarang di tempat yang jauh dari lokasi dimana tanaman padi melimpah, seperti di kawasan karst, ladang kering, dan hutan (akasia dan jati) di dataran rendah. Informasi mengenai perkembangbiakan Gelatik Jawa di Pulau Jawa dan Bali berasal dari penangkaran, sedangkan informasi di alam masih sebatas waktu berkembang biaknya.

Oleh: semangatsemesta | 30 am9000000153100000015 2008

“MENJENGUK” SEORANG TEMAN

Kemarin,,aku dan Yshe (teman setiaku) ke lamongan,,rencananya dia menemaniku untuk berkunjung ke rumah teman baikku “Ari Wahyudi”

niatnya sih,,berangkat pagi-pagi,,tapi jeleknya,,susah sekali menepati janji meski pada diri sendiri…

akhirnya kami berangkat dari kos pukul 08.00..

sebelum ke terminal.,kami beli keripik tempe dulu ke Sanan(pusat jajanan khas Malang). Ini karena aku pernah janji untuk mengiriminya keripik,,namun sampai sekarang belum ku penuhi

Perjalanan pun dimulai..dengan naik Bus umum, kita mengganti rute yang semula naik bis Bojonegoro,,,berubah menjadi penumpang bis Bungurasih. sesampai dari Bungurasih,,kita akan ke terminal Osowilangun baru kemudian menuju lamongan..

sepanjang jalan,,aku terus memikirkan sahabatku ini…mengenang dia dan segala kebaikannya…penyesalan yang tak henti-hentinya memenuhi pikiranku,,,seandainya…kalau saja…selalu itu yang terjadi..dan semuanya hanya berakhir pada kenyataan bahwa itu mustahil.

Ah,,ternyata rencana pun hanya tinggal rencana.. yshe,,sebagai pemimpin perjalanan mengajakku untuk mampir dulu kerumahnya di gresik,untuk kemudian berkendara motor ke lamongan,,ahh hari itu,,tak ada hal lain untuk ku pikirkan,,aku hanya mengiyakan

Sesampai di gresik,tengah hari sudah…apa lacur.,.sekali lagi rencana tinggal rencana, orang tua Yshe tidak mengizinkan kami naik motor ke lamongan..Baiklah,,aku sudah menyerah,,apapun yang penting aku bisa ke lamongan…

Dan akhirnya kita kembali menjadi penumpang bis..

Sesampai di terminal lamongan…miris hatiku…mengingat bahwa Ari tak mungkin bisa menjemput kami,,tidak hari ini

Dulu aku yakin dia akan senang hati kami kunjungi,,duu dia yang getol untuk mengjakku berjalan-jalan di kotanya..lamongan kota soto…

tapi untuk hari ini,,aku dan Yshe harus naik angkot menuju Rumahnya…

aku sendiri lupa-lupa ingat,baru sekali aku kerumah Ari,,itupun pas malam hari..aku gbisa mengandalkan Yshe..dia belum pernah sama sekali

semoga ini benar,,dan ternyata,,saat masuk ke gang yang aku sendiri agak yakin..aku melihat rumah itu…rumah itu sepi…untung ada bapak yang bisa ku tanyai

“maaf pak..apa orangnya ada?”

bukannya menjawab, Bapak itu malah balik bertanya” mencari Ari atau orangtuanya?”

dengan kelu aku menjawab ” ibunya Pak”

dengan berteriak Bapak tersebut memberitahukan kedua orang tua Ari..

saat pintu di buka,, terlihatlah sepasang suami istri ..

dan saat aku mencium tangan mereka berdua

aku sudah tidak kuasa menahan tangis

sesenggukan aku duduk di ruang tamu,,hingga ibu tersebut ikut menangis terharu..dengan tergagap dan pilu ibu dan bapak menceritakan perihal kecelakaan Ari

ya… Ari telah meninggal..selamanya

aku tak akan bisa menemuinya,, tak ada lagi teman jalan-jalan,,tak ada lagi teman yang perhatian,,,

dan semua itu menghancurkan hatiku

aku yang tak sebaik dia,,tak setulus dia,,

aku yang teramat egois…

maafkan aku ri,,

aku hanya mampu seperti ini,,aku sudah tidak punya kesempatan lagi,aku hanya perlu pasrah dan ikhlas,,bahwa engkau jauh lebih baik di sana…

Oleh: semangatsemesta | 30 am8000000323100000032 2008

lagi sendirian

ternyata memang sangat tidak menyenangkan melakukan sesuatu tanpa ditemani siapapun
bingung sendiri..males…nelangsa,,,hiks,,hiks
apalagi saat seperti ini
harus mengirim email ke berbagai sekolah untuk mengundang mereka ikut dalam programku,,,
g da teman ngobrol,,sepi
hanya suara dengungan mesin komputer..ngungungung..menjemukan
gda teman bicara…
yah,,,emang ni weekend
semua teman punya acara sendiri..
dan aku,,hanya karena ingin menyelesaikan tugas,,,terjerembab dalam keheningan yang menyedihkan
tapi siapa sangka kalo dengan begini aku jadi punya waktu untuk merenung sejenak
terlepas dari ini bulan puasa
hehe..
memang bulan ni bulan yang berharga untuk dilewatkan
bulan dengan penuh keajaiban dan keberkahan..
semua doa akan dikabulkan
hanya butuh hati yang bersih untuk me njalaninya..
dan kesendirianku mengantarkanku untuk merenungi semua perjalanan hidupku,,yang ku ingat saja tentunya
Tuhan,,ampuni aku,,
dan kemudian aku pun melanjutkan mengetik surat…

Oleh: semangatsemesta | 30 am12000000413100000041 2008

RAPATKU YANG MALANG

RAPAT OPEN RECRUITMENT YANG BIKIN HIKS…

SEBAGAI SEKRETARIS… PROGRAM OPEN RECRUITMENT MUTLAK JADI TANGGUNGJAWABNYA…

TERMASUK SEGALA YANG BERHUBUNGAN DNEGAN DIKLAT RUANG, DIKLAT LAPANGAN, DAN PEMBUATAN KARTU ANGGOTA, ,,

KEMARIN MEMANG HARIKU,, HARI AKU DI MARAHI,,

YAH SOALNYA BANYAK TEMEN YANG G DATANG,,PDAHAL MEREKA PANITIA,, UDA DI HUBUNGI NAMUN MUNGKIN KARENA ADA KESIBUKAN,, KEPENTINGAN MENDADAK,, URUSAN YANG TIDAK BISA DITINGGALKAN,,DAN JUGA KARENA CUACA YANG TIDAK EMNDUKUNG…

TERPAKSA PANITIA INTI,, TERMASUK KOORDINATOR DI DALAMNYA ABSEN,,LENYAP…

DAN KENA SEMPROT DEH,, DARI TETUA,,,

UNTUNGNYA RAPAT KEMARIN CUKUP MENGHASILKAN,, TERMASUK FIX NYA JADWAL BRIEFING DAN PELAKSANAAN DIKLAT LAPANGAN..

TANGGAL MASIH AKAN DI KONSULTASIKAN DENGAN DIREKTUR,, DAN TERNYATA BERBENTURAN DENGAN PELAKSANAAN MWB…LA TERUS PIYE??

KESEPAKATAN KALAU TERPAKSA BARENG,,MUNGKIN MWB HARUS DI DELAY,,

HIKS,,,

AARGH,,AKU G TERIMA…

Oleh: semangatsemesta | 30 am12000000173100000017 2008

MENIKAH

HAYO..
PANCA LAGI PGN YA??
BELUM INGIN,,
CUMA BEBERAPA HARI INI SANTER TERDENGAR DI TELINGA,,
SEMUA ORANG MEMBICARAKAN PERNIKAHAN,, DARI YANG BARU SAJA MENIKAH,,,
TRUS BERLAGAK NGIMING-IMINGI
ADA JUGA YANG KEBELET BANGET..
ADA YANG SOK G PERDULI, PADAHAL AKU TAHU,, TIAP HARI DOANYA PGN DAPETIN JODOH,,HAHA
ADA JUGA YANG INGIN NGEJAR KARIER DULU,,
DAN ADA PULA YANG HANYA JADI PENDENGAR DAN PENONTON SEPERTI AKU
HEHE,,
AKU G TAHU,, APAKAH AKU PGN NIKAH SEKARANG, BULAN DEPAN, TAHUN DEPAN,, SEPERTINYA UNTUK NIKAH AKU G PUNYA TARGET,,
MESKI KADANG,,PGEN JUGA MENJADI HALAL UNTUK SESEORANG (NAH LO)
MENIKAH ITU SEMACAM PINTU GERBANG,,,
KEHIDUPAN DI BALIKNYA AKAN SANGAT BERBEDA,,
BISA DI BILANG RUMIT ATAU GAMPANG ITU TERGANTUNG PRIBADI YANG MENILAI
YANG JELAS UNTUK MENIKAH SEGALANYA HARUS DI PERSIAPKAN,,,
SEMUANYA,, YANG PALING PENTING NIAT DAN SIKAP UNTUK MENJALANINYA…HAHAHA
SOK TAU BENER YA,,
IYA NIH,, SOALNYA KALO LIAT BANYAK KASUS PERCERAIAN, TIDAK HANYA ARTIS,NAMUN DI SEKELILING KITA,, HMM, BIKIN MIRIS ATI,,
KETAKUTAN AKAN MENJALIN HUBUNGAN SEPERTI TRAUMA..DAN PERASAAN ITU AKAN MEMBAYANGI LANGKAH KITA
TAPI KEMBALI LAGI,, SEMUANYA TERGANTUNG DENGAN KITA
DAN KUNCINYA TETAP OPTIMIS,,,
BAHWA AKAN ADA PARTNER DALAM MENGHADAPI HARI-HARI KITA,,, MENABUNG BERSAMA UNTUK HIDUP SELANJUTNYA YANG JAUH LEBIH KEKAL…
LETS BE OPTIMIS

Oleh: semangatsemesta | 30 pm11000000563100000056 2008

KEEP OPTIMIS!!!

HMM,,,

PAGI-PAGI SUDAH DISUGUHI DENGAN SEDIKIT KEKHAWATIRAN…

CUACANYA MENDUNG,,

PADAHAL MU KONSULTASI KE DOSEN, MU JADI GUIDE TEMEN YANG JAUH-JAUH DATANG DARI BORNEO ISLAND…MU AMBIL LEMBAR MEMBER CHECK SKRIPSI DI SD LAB UM…

TRUS GIMANA YA?

EH,,EH,,

KATANYA SESEORANG..

KALO KAMU MERASAKAN KEKHAWATIRAN,, MASIH SERING RESAH,,, SUKA SEDIH SENDIRI G JELAS,,

ITU TBNADANYA BELUM OPTIMIS MA GUSTI ALLAH..

DAHSYAT BANGET KAN SARANNYA??

TAPI COBA DEH KALO DI RENUNGKAN…

ADA 2 PELAJARAN BERHARGA DI DALAMNYA

1)APAPUN YANG KITA LAKUKAN WAJIB HUKUMNYA UNTUK BERUSAHA,, SEMAMPU KITA..

2)APAPUN YANG KITA USAHAKAN,, SERAHKAN TOTAL SMUANYA PADA BELIAU YANG MAHA MENGETAHUI..KARENA ITU BUKAN WILAYAH KITA

JADI,,KALAU KAMU SEDIH,, GUSAR,, TAKUT, WAS-WAS,, KECEWA,,,

INGATLAH BAHWA ITU BUKTI KEPESIMISAN DARI KITA

DAN ALLAH SANGAT TIDAK MENYUKAI ORANG YANG PESIMIS..

KEEP FIGHT,,

Oleh: semangatsemesta | 30 pm11000000043100000004 2008

hariku semakin berat

ehmm,, gimana ya..

yang namanya niat setengah hati itu kayak bendera setengah tiang,,

asli…

suka melorot turun sekarepe dewe…

persis kayak semangatku untuk melanjutnya double-degree.. wuih keren abiez,, makanan apaan tu??

itu semacam gelar yang diberikan oleh universitas sehingga kita bisa punya du gelar, yang murni juga yang pendidikan

jadi karna sekarang,, jamannya semakin susah,, susah kuliah,, susah lulus,,susah kerja,,,

salah satunya alternatifnya ikut gelar ganda ini teman,,

jadi kalian bisa ngelamar kerja dengan ijazah yang murni ato yang Spd,nya,, hebat to,, nggak juga sebenarnya

itu adalah perbuatan orang-orang yang g pede dengan kemampuannya,, (termasuk aku dunk,,) menurutku emang gitu

mereka punya alternatif pi juga bakal bingung,, krna g punya keputusan dan keahlian,,,semuanya setengah-setengah

pi jangan menohok gitu dunk tudingannya,, itu kan karna aku oknumnya,,yang ambil double degree, krna orangtua,,

yang lain mah,, secara tulus ikhlas lahir batin karena pgn dapat bnyak ilmu,, gitu kan,,teman? disambut koor selurh mhasiswa yang ambil double-dgree

tapi semoga,,, nanti ALLAH akan mmbukakan hati dan pikiranku,, bhwa pendidikan itu adlh pilihanku,,

ingatkan aku teman,, sebelum terjerumus terlalu jauh

panca,, go fight,,

Oleh: semangatsemesta | 30 pm11000000213100000021 2008

ada sesuatu yang baru ku sadari

ternyata ini yanga dia maksud…

untuk bersabar,,tidak berharap namun jikatidak amenyerah

sekarang aku tahu maksudya

bahwa ku harus melanjutkan hidupku namun aku tak patah arang

bahwa masih ada keluarga yang menunggu kesuksesankubahwa biarkan BEliau SanG MAHA di RAja yang akan mempertemukan aku dnegan seseorang yang tentusaja terbaik untukku

kenapa baru aku sadari?

kenapa aku masih risau dengan semua ini

cukuplah kamu berusaha untuk ini,,,

that enough

gunakan waktumu, tenagamu, doamu,, untuk hal yang jauh lebih penting untuk saat ini,, yaitu karier..

begitukah?

hmm,,pertebntangan batin,, suara kecil yang membisikiku untuk tidak mnyerah semudah itu,,,

untuk tetap melenggang melaju,, berusaha mendapatkan cintanya,,ahh panca cukup lah kamu berusaha

aku tau kamu keras kepala,, tapi ada saatnya kamu mendamaikan hatimu,, percaya dan optimis,,,

dan inilah saatnya..

semangat..

dia masih mengisi hatiku YA ALLAh

masih terus membayangi dan mengisi ruang-ruang pikiranku,,,

masih terus berlomba mencari perhatianku

masih tetap jadi inspirasiku,,,

dan mungkin akan terus seperti itu,,,

si giraz yang manis,,,

Older Posts »

Kategori